MAKANAN KHAS RIAU

Berikut ini adalah makanan khas RIAU :

 Bolu Kemojo,


juga merupakan makanan khas Riau yang umumnya di hidangkan jika ada peristiwa besar seperti hajatan atau hari raya. ini memang mirip pembuatan bolu seperti biasa, bedanya adalah warna hijau yang menjadi ciri khas bolu kemojo.
makanan khas riau


  Laksamana Mengamuk,

nah yang satu ini bukan sebuah peristiwa, melainkan nama sebuah minuman yang mirip sekali dengan bajigur, makanan khas daerah jawa barat. Hanya saja bedanya didalam es laksamana mengamuk ini di tambah irisan kecil-kecil mangga kweni yang terkenal harum itu.

 

Lempuk Durian  

Dilihat dari namanya jelas makanan ini berbahan utama durian. Atau istilah lainnya berupa dodol durian. Cirri khas lempuk durian ini menjadi salah satu makanan khas Riau yang menjadi terkenal dimana-mana. Lempuk durian merupakan makanan khas kabupaten bengkalis provinsi Riau.



Dadih 

 merupakan makanan khas kabupaten Kampar. Makanan seperti ini juga terdapat di sumatera barat. Dadih merupakan susu kerbau yang di fermentasikan seperti yogurt.




Makanan khas Riau lainnya yang terkenal seperti : Gendar ketan hitam, Bangket durian, Air mata pengantin, Kue 8 jam, Pais udang, pindang jamur, Rujak maharaja, Juice tiga rasa, kluntup, sayur asam, juice jagung manis, kue bangket jeruk nipis, lenggang, sambel goreng jamur, sambal belacan dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak makanan khas Riau yang banyak di produksi, namun hanya beberapa saja yang benar-benar menjadi ikon untuk makanan khas Riau ini. pembuatannya pun beragam, ada yang dibuat di industry pengolahan makanan, ada juga yang dibuat oleh industri rumahan.


Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Free Blogger Templates | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. INFO PROVINSI RIAU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger